Manfaatkan Olahraga Renang Sebagai Cardio




Olahraga renang merupakan olahraga dengan aktivitas di air yang sangat menyehatkan tentunya. Berenang merupakan dasar dari olahraga aquatic, lihat saja olahraga loncat indah, surfing pastinya membutuhkan skil berenang yang mumpuni. Oleh karena itu olahraga ini memang sangat penting bagi pecinta olahraga ekstrem yang bersifat akuatik. Kebanyakan orang-orang setelah melihat kolam renang langsung saja menyebur dan hanya bermain-main dengan air, sayang tentunya bukan…padahal saat itu kita dapat melakukan cardio melalui berenang. Padahal berenang memiliki manfaat yang banyak dan pastinya sangat berguna bagi tubuh kita lho. Manfaatnya antara lain dapat melatih otot Anda…ya memang aktivitas berenang dapat menjadi alternative bagi yang tidak dapat pergi ke gym atau malas lari terlalu jauh untuk olahraga jogging. Karena berenang menggunakan hampir seluruh otot tubuh seperti tangan kaki dan hampir seluruh badan yang bergerak. Karena itu juga berenang dapat melatih saraf motoric tubuh kita. Di negara negara luar, biasanya anak- anak yang baru berusia 1 tahun sudah diceburkan ke kolam renang, ini dilakukan agar saraf motoric mereka terlatih dan membiasakan tubuh mereka dengan air. Selain untuk melatih saraf motoric, berenang juga sangat baik untuk jantung, maka dari itu berenang juga termasuk olahraga cardio, karena akan membuat jantung Anda tetap berdebar seperti saat mendekati wanita saja ya..hehehehe. Selain itu olahraga ini tidak membutuhkan biaya yang banyak, Anda hanya mengeluarkan biaya untuk membeli kacamata renang dan membayar uang masuk ke kolam renang. Olahraga renang juga merupakan olahraga yang menyenangkan berenang dapat menenangkan saraf. Suara air dan iramanya sangat merdu di telinga kita. Seringkali saat saya merasa tertekan, irama tubuh ketika mengayuh dan suara air dapat menenangkan saraf, membantu saya melupakan masalah yang ada. Dan juga Anda dapat berenang bersama keluarga, teman-teman atau bahkan pacar. Sungguh menyenangkan bukan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda berenang. Jangan makan sebelum berenang, idealnya jarak Anda makan dan berenang adalah 2 jam. Dan jangan lupa lakukan pemanasan ya, ini sangat penting dalam berolahraga apapun, agar otot-otot Anda tidak mengalami kram.
So, mulailah rutin berenang sekarang, agar Anda tidak bosan dengan olahraga cardio yang itu-itu saja. Lakukan  satu minggu sekali saja itu sudah cukup. Semoga bermanfaat.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment