Trik Agar Terhindar Dari Cedera Saat Lari



Lari atau yang kerap disapa dengan jogging adalah kegiatan berolahraga yang paling simpel. Mengapa? Karena berlari tidak memerlukan alat-alat yang banyak dan ribet. Juga tidak membutuhkan pakaian khusus, Anda dapat mengenakan pakaian apa saja saat lari (tetapi yang pantas dan sopan ya hehehehe) saya anjurkan Anda menggunakan celana training dan memakai kaos agar tidak terlalu ribet. Manfaat lari bagi kebugaran tubuh memang tak diragukan lagi. Olahraga ini juga sangat murah dan mudah untuk dilakukan. Aktivitas ini bisa menjadi alternatif latihan fisik yang dapat dilakukan dimana saja. Agar manfaat dari berlari dapat diperoleh secara maksimal, maka alangkah baiknya Anda juga harus menghindari cedera. 


Ternyata berlari tidak bisa asal dilakukan, lho. Pasalnya, berlari tanpa persiapan dapat membuat kram pada kaki dan cidera. Nah pastinya Anda tidak mau kan aktivitas berlari Anda menjadi terganggu….Maka dari itu Anda dapat melakukan beberapa persiapan sederhana agar tak mudah cidera saat berlari. Dari beberapa persiapan yang perlu dilakukan, melakukan pemanasan atau warming up adalah salah satu yang paling penting, karena dengan melakukan pemanasan otot-otot Anda akan menjadi tidak kaku dan siap untuk berolahraga.  Luangkan waktu selama 5-10 menit untuk melakukan pemanasan, ya.  Lakukan pemanasan dari tubuh bagian atas seperti leher, bahu dan lengan, lalu bagian tengah meliputi punggung dan pinggang. Setelah itu bagian kaki. Dan jangan lupa, setelah melakukan pemanasan mulailah dengan berlari-lari kecil atau melompat agar otot kaki Anda semakin sipa untuk berlari. Aktivitas lari membutuhkan koordinasi yang baik antara gerakan leher, lengan, dan kaki. Sehingga, penting bagi Anda untuk melakukan pemanasan dan sejumah persiapan lainnya sebelum berlari agar manfaat lari bagi tubuh semakin maksimal. Selain itu yang tak kalah penting lainnya yaitu air minum, ya ini sangat penting karena berlari membuang banyak cairan dari tubuh kita, oleh karena itu siapkan air minum yang cukup agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, konsumsi makanan bergizi dalam jumlah sedikit dapat menjadi asupan gizi yang baik untuk mulai melakukan aktivitas lari. 

Poin terakhir yang tidak kalah penting dari trik menghindari cedera saat berlari adalah lakukan aktivitas lari secara santai sesuai kemampuan tubuh Anda. Berlari sesuai dengan kemampuan tubuh Anda dapat menghindarkan Anda dari cedera. So, keep run for your life and your future.
Semoga bermanfaat.
































Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment