Ini Akibat Dari Tidur Terlalu Malam



Masih Sering begadang…?. Umumnya pada zaman modern ini tidur larut malam atau begadang sudah menjadi tradisi. Berbagai alasan seseorang tidur larut malam, biasanya karena lembur di kantor, mengerjakan tugas, bahkan hanya sekedar santai menghabiskan berjam-jam menonton TV, atau hanya duduk-duduk dan nongkong gak jelas. Padahal jika kebiasaan tidur larut malam atau begadang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Setelah Anda menghabiskan waktu seharian untuk beraktivitas, tentunya tubuh Anda butuh waktu yang cukup untuk istirahat. Idealnya kita harus memiliki jam tidur sebanyak 7 sampai 8 jam perharinya. Jika kurang dari itu maka sistem kerja tubuh akan berjalan kurang maksimal. Alhasil, ketika bangun di pagi hari, Anda akan bermalas-malasan untuk segera melakukan aktivitas. Atau untuk bangun dari tempat tidur saja sangat malas. Hal itu akan menyebabkan tingkat produktivitas harian Anda menurun. Selain itu ada pula beberapa dampak negatif lainnya. Seperti:

   1.      Sulit Tidur Lebih Awal
Ya, jelas sekali jika Anda terbiasa tidur larut malam, maka tubuh akan menyesuaikan kebiasaaan begadang. Dan tubuh Anda akan terasa sulit untuk tidur lebih awal.

   2.      Berat Badan
Tidur yang terlalu malam pastinya akan mengganggu berat badan Anda. Jika Anda tidak tidur selama minimal 7 jam di malam hari, metabolisme lemak Anda terganggu. Selain itu, semakin sering Anda begadang, Anda akan cenderung lapar dan meningkatkan porsi makan Anda. Dan akan berkibat buruk pada tubuh ideal Anda.

   3.      Dapat Menurunkan Konsentrasi
Kurang tidur dapat menyebabkan konsentrasi Anda menurun. Bagi para pelajar dan pekerja yang dituntut memiliki konsentrasi yang tinggi, kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya konsentrasi ketika Anda belajar atau bekerja.

   4.      Sistem Kekebalan Tubuh Melemah
Tidur larut malam dapat menghancurkan sel-sel darah putih dalam tubuh Anda. Sel-sel darah tubuh yang berfungsi sebagai system kekebalan tubuh, akan rusak jika Anda tidur larut malam.

   5.      Penyakit Jantung
Terlalu sering begadang akan membuat Anda rentan terhadap penyakit jantung.

   6.      Lebih Cepat Tua
Toxin di dalam tubuh kita dibuang saat tubuh kita sedang tidur. Selain itu tidur dapat memulihkan stamina dan fungsi kulit kita. Tidur larut malam akan membuat kinerja tubuh tidak maksimal dalam membuang racun yang menyebabkan kita cepat tua.

Nah, itulah dampak dari tidur terlalu malam. Jadi perbanyaklah jam tidur Anda menjadi 7 sampai 8 jam sehari. Luangkanlah waktu Anda untuk bersitirahat.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: