Anda Masih Merokok, Ini Bahayanya



Rokok sudah tidak asing lagi bagi kita, semua orang pastinya tahu apa itu rokok. Rokok merupakan silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar ujungnya dengan api, sehingga tembakau yang ada di dalamnya terbakar, dan asapnya lah yang dihirup.

Banyak para perokok yang tahu tentang bahayanya rokok, tapi mereka menghiraukannya, padahal sudah tertera pada bungkus rokok tersebut. Dan tulisan “dilarang merokok” yang terdapat pada ruangan tertentu juga diabaikan. Padahal jika tetap merokok dapat membahayakan orang-orang disekitarnya. Hal ini sudah sangat jelas bahwa merokok banyak menimbulkan dampak negative. Lihat saja kandungan yang terdapat pada rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. Dan sekitar lebih dari 70 zat diantaranya bersifat kanker. Selain itu terdapat lebih dari 17 racun yang aktif saat rokok dibakar. Dan pastinya semua racun tersebut membahayakan tubuh kita lho.
Bahan-bahan yang terdapat pada rokok antara lain karbon monoksida, yang dapat membuat Anda merasa cepat lelah. Tar, zat ini dapat memberikan efek negative pada rambut-rambut kecil yang ada pada paru-paru Anda. Gas oksidan, dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah. Nikotin, zat ini dapat membuat Anda kecanduan dan merusak paru-paru. Benzene biasanya zat ini erat dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia. Selain zat-zat di atas masih banyak yang terdapat pada rokok, kalua dijelaskan satu persatu nanti terlalu panjang artikelnya heheheehehe…
Organ organ tubuh yang terkena dampaknya antara lain :
Otak, merokok dapat meningkatkan resiko stroke sebesar 50 persen. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak dan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Lalu mulut dan tenggorokkan, merokok dapat memicu kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara. Lalu organ reproduksi, bagi para pria, merokok dapat menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sementara pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi. Lalu paru-paru, ya sangatlah jelas paru-paru terkena efeknya dari rokok, karena asap rokok yang terhirup oelh manusia akan masuk ke paru-paru dan akan memicu kanker paru-paru, selain itu dapat pula memicu penyakit bronkitis, pneumonia, dan emfisema.
Selain dampak negative pada fisik kita, ternyata rokok juga berdampak negative pada psikis, seperti mudah marah, mudah mengalami stress tingkat tinggi, dan yang lainnya. So, sangat berbahaya bukan…maka dari itu berhentilah merokok dan berkomitmen untuk hidup sehat, agar tubuh kita sehat sampai hari tua nanti. Semoga bermanfaat.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment