Tips Melatih Otot Betis



Otot betis merupakan otot kaki yang harus dilatih. Tetapi kebanyakan orang-orang malas melatihnya, lantaran banyak yang menganggapnya tidak penting, karena mereka lebih mementingkan otot tubuh bagian atas atau upper body seperti dada, bahu perut dan lengan. Karena pastinya otot tubuh yang dilihat adalah upper body dan otot kaki tidak terlihat, lantaran tertutup oleh celana panjang. Atau ada juga yang menganggap otot betis sudah terlatih saat kita jalan, berlari, atau meloncat. Walaupun begitu, otot betis juga tetap harus dilatih lho. Agar kaki kita menjadi kuat sampai di hari tua nanti, dan menjadi memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Karena kaki merupakan bagian tubuh vital, maka dari itu membentuk otot betis sama pentingnya dengan otot tubuh lainnya. Nah kali ini saya akan memberika beberapa tips untuk melatih otot betis Anda.
   1.    Switch Lunge
Pertama-tama Berdiri tegak dengan lengan memegang dumbbell atau kettlebell, lalu Tarik kaki kanan ke belakang dengan posisi lunge, dan kembalikan kaki kanan ke depan dengan sedikit melompat. Lalu bergantian dengan kaki kiri, lakukan latihan ini sebanyak 15 repitisi pada masing-masing kaki. Selain melatih otot betis, latihan ini juga membantu kelincahan, kekuatan, dan koordinasi.


   2.    Goblet Squat
Pertama-tama berdiri tegak dengan tangan memegang dumbbell, dan Pegang dumbbell dengan posisi lengan menekuk ke depan dada, lalu lakukan squat dengan menurunkan tubuh dengan posisi lutut menekuk. Dan kembali ke posisi awal. Lakukan latihan ini sebanyak 15 repitisi.
 

   3.    Marathon di Dalam Air
Latihan ini sangat simple dan tidak menggunakan bantuan alat apapun, Anda hanya pergi ke kolam renang saja. Pilihlah lokasi yang memiliki ketinggian air setinggi lutut. Anda di sini hanya perlu jogging saja, dan biasakan lari dalam air tersebut selama 10-15 menit. Dan lakukan ini dengan rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu.

   4.    Lari dengan menggunakan beban di betis
Jenis latihan yang terakhir ini sangatlah mudah untuk dilakukan, karena Anda hanya perlu menyiapkan beban, Anda dapat membelinya di took perlengkapan olahraga atau Anda dapat membuatnya dengan ban dalam sepeda motor yang diisi pasir. Pertama-tama ikatkan beban pada kaki, dan setelah itu bawa lari di pagi hari atau sore hari, bawa lari disini bukan bawa kabur ya…hehehe.
Lakukan latihan ini dengan rutin sebanyak 2 kali seminggu.

Nah, itulah beberapa tips tadi mengenani otot betis, So otot betis juga tetap perlu dilatih ya.. agar kaki kita kuat. Semoga bermanfaat.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment