Cara Merawat Kuku

Kuku merupakan bagian dari anggota tubuh manusia atau hewan yang terdapat dan tumbuh di ujung jari. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur. Karena kuku terletak di bagian tubuh yang sangat terlihat, maka memiliki kuku yang menarik dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Maka dari itu merawat kuku sangatlah penting terutama bagi para kaum hawa.Berikut tips-tipsnya


1.    Agar kuku dapat “bernafas” maka hindarilah pemakaian cat kuku seperti kutek, cat kuku, dll. Dan selalu menggunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan yang berat.

2.    Jika sedang berjemur di bawah sinar matahari yang terik, maka dianjurkan memakai sarung tangan atau pelindung kuku agar kuku tidak rusak.

3.    Rajinlah memotong kuku, karena kuku yang panjang rentan cidera, apalagi jika sobat pecinta olahraga bela diri, basket atau yang berkaitan dengan jari, maka hendaknya memiliki kuku yang pendek.

4.    Jangan membersihkan kuku dengan benda tajam, gunakan sikat kuku untuk memmbersihkannya, jika tidak ada bisa juga memakai sikat gigi.

5.    Jangan pernah menggigiti kuku, jika kuku sering digigiti kuku akan menjadi rusak, dan yang lebih bahaya adalah kotoran yang ada di kuku dapat masuk ke mulut, sehingga dapat menimbulkan beberapa penyakit.

6.    Sebelum melakukan pekerjaan kotor, seperti membersihkan debu atau berkebun, pertama-tama tancapkan kuku ke sabun batang. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran melekat di kuku dan juga membuat kuku lebih mudah dibersihkan.

7.    Jangan gunakan tangan unutk bersentuhan dengan detergen terlalu lama, karena itu akan merusak kuku kita.

8.    Yang terakhir, dengan air perasan jeruk lemon akan menjadi nutrisi yang baik untuk kuku, dan merupakan salah atu bahan perawatan kuku. Caranya, yaitu rendamlah kuku di dalam sebuah wadah berisi air jeruk lemon dan air hangat. Lalu setelah itu gosokkan air jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat ke kuku.

Nah, itulah beberapa cara agar kuku kita selalu terlihat menarik dan sehat, ingat rawatlah tubuh kita sebaik mungkin, sekian dulu yaa semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment