Bentuk Otot Anda Dengan Latihan Calisthenics



Seperti pada artikel sebelumnya, yang sudah membahas tentang pengertian calisthenics, di artikel ini saya akan memberikan beberapa panduan latihan  calisthenics untuk membentuk otot Anda. Seperti yang sudah dijelaskan, calisthenics tidak membutuhkan alat-alat fitness atau ruangan yang khusus, tetapi Anda dapat melakukan di manasaja. Berikut contoh gerakan dan panduan latihan calisthenics:

1.    Yang pertama adalah air bike, latihan ini untuk perut Anda di bagian core (abs/perut). Mulailah dengan berbaring di atas karpet atau matras, lalu angkat kaki anda 90 derajat dan dengan gerakan mengayuh sepeda, naikkan leher anda, namun punggung tetap harus dalam berada kondisi terkunci.





 Yang kedua adalah sit up, latihan ini sudah sangat sering terdengar di telinga kita ya…saat kita melakukan olahraga apa pun pasti kita harus melakukan latihan ini. Sit up juga untuk melatih perut. Mulailah berbaring, lalu angkat tubuh Anda sampai mendekati kaki dan lakukan ini berulang-ulang






3.    Yang ketiga adalah pull up, Anda dapat melakukan latihan ini di sebatang besi yang digantung tetapi dengan posisi horizontal, sehingga tangan Anda dapat bergantungan di besi tersebut. Lakukan pull up berulang-ulang sebanyak yang Anda bisa.






4.    Yang keempat adalah chair dips, pada latihan ini Anda bisa memanfaatkan sebuah bangku atau kursi yang kokoh untuk melakukan latihan ini. Ingat! Jangan menggunakan kursi yang tidak stabil ataupun memiliki roda, agar terhindar dari kemungkinan cedera. Mulailah dengan memposisikan tubuh Anda membelakangi kursi dengan kedua tangan menapak di alas atau pegangan kursi, dengan kedua kaki Anda diluruskan ke depan. Tahan tangan Anda, lalu turunkan badan kebawah hingga siku Anda sejajar dengan pundak dan kembali ke posisi awal. Jaga keseimbangan Anda



5.    Yang terakhir adalah squat jump, latihan ini sangat efektif untuk melatih paha dan bokong Anda. Mulailah gerakan ini dengan berjongkok hingga posisi squat, tekan ujung kaki Anda dan dorong tubuh Anda ke udara setinggi yang Anda bias lalu ulaangi sebanyak 10 kali dalam 5 set.


Nah itulah beberapa contoh dari latihan calisthenics, sebenarnya masih ada banyak lagi varian nya, tetapi latihan-latihan di atas juga cukup efektif untuk membakar lemak dan membentuk otot Anda. Semoga bermanfaat..

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment